photo BANNERLPKSM_zps120bacdb.jpg
Home » » TENTANG KREDIT SEPEDA MOTOR

TENTANG KREDIT SEPEDA MOTOR

Written By CELEBES on Sabtu, 25 April 2015 | 19.33

LPKSMcelebes / Membeli sepeda motor dengan cara kredit mempermudah kita dalam memperoleh kendaraan dengan cara cepat walau tabungan masih kurang. Banyak orang memilih cara transaksi ini karena kebutuhan akan kendaraan yang mendesak.

Namun tak jarang pula orang membeli motor dengan cara kredit demi memenuhi keinginan mendapatkan kendaraan keluaran baru. Ujung-ujungnya, terjadi masalah dalam proses pelunasan kredit karena tidak adanya rencana keuangan yang matang dan kurangnya pemahaman soal fasilitas itu.

Karena itu, sebelum memutuskan mengambil kredit motor, pahami dulu kondisi keuangan kamu. Selain itu, cari tahu tentang hal-hal seputar kredit motor via leasing agar tidak mengambil keputusan yang keliru.

Dengan membeli motor lewat kredit, berarti kamu bisa langsung membawa pulang motor walau belum melunasi pembayaran. Tapi ada sejumlah syarat yang harus kamu penuhi. Salah satunya, kamu harus mengangsur sejumlah uang yang disepakati sebelumnya. Jika kamu tidak sanggup melunasinya atau telat membayar, akan ada sanksi dari leasing.

Leasing menawarkan pilihan jangka waktu pelunasan beragam, misalnya 11 bulan, 17 bulan, dan 23 bulan bahkan lebih. Berikut ini contoh skema pembelian motor Honda Scoopy FI dengan cara kredit selama 23 bulan:

Harga motor: Rp 15.000.000
Uang muka: Rp 3.000.000
Angsuran per bulan: Rp 700.000
Total pembayaran: Uang muka+ (angsuran x jangka waktu kredit)
Rp 3.000.000 + (Rp 700.000 x 23) = Rp 19.100.000

Total pembayaran itu belum termasuk biaya administrasi yang berkisar Rp 200.000, tergantung nominal kredit dan leasing. Untuk mengambil motor, biaya yang dikeluarkan adalah angsuran pertama+uang muka+biaya administrasi, atau Rp 3.900.000.

Inti pembelian suatu barang lewat kredit adalah meringankan beban konsumen. Jadi, hitung pendapatanmu, apakah mencukupi untuk melunasi angsuran. Kamu harus memilih cicilan yang paling meringankan. Semakin besar uang muka, semakin kecil cicilan per bulan. Minimal uang muka menurut peraturan adalah 20 persen dari harga motor.

Jika kamu hidup di Jakarta, berstatus lajang, dan pendapatanmu sekitar Rp 3.000.000 per bulan, angsuran Rp 700.000 masih masuk akal. Sebab, kamu masih menyisakan Rp 2.300.000 untuk hidup sebulan.  Jangan sampai angsuran melebihi setengah dari pendapatan per bulan.

Itu keuntungan membeli motor lewat kredit. Dengan membayar Rp 3.900.000, kamu sudah bisa memiliki motor sendiri. Ini berbeda dengan pembelian lewat tunai. Jika harga kendaraan Rp 15.000.000, otomatis duit yang harus kamu sediakan sama dengan harga itu.

Berikut ini syarat umum dokumen pembelian motor lewat kredit:
1. Kartu tanda penduduk dan kartu keluarga
2. Nomor pokok wajib pajak/surat pemberitahuan pajak
3. Rekening 3 bulan terakhir
4. Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan

Lalu, sebelum menjatuhkan pilihan, pelajari dulu hal-hal berikut ini:

1. Fasilitas
Tanyakan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan. Negosiasikan diskon agar lebih mendapat keringanan. Biasanya kamu akan ditawari barang sebagai hadiah. Jika memungkinkan, pilihlah diskon lebih besar tanpa barang.

2. Denda keterlambatan
Hitung denda jika terlambat membayar angsuran. Jangan sampai besaran denda memberatkan keuangan. Tanyakan tenggat pembayaran angsuran dan batas toleransi.

3. Asuransi
Tanyakan soal asuransi motor yang kamu beli. Apa saja yang ter-cover, bagaimana klaim asuransinya, dan dalam bentuk apa penggantiannya, apakah uang atau motor baru.

4. BPKB
Tanyakan pula kapan BPKB bisa kamu pegang. Kalau bisa, kamu harus mendapatkan BPKB begitu angsuran lunas.
 
Itulah hal-hal yang penting untuk diketahui seputar kredit kendaraan bermotor.  Semua orang bisa mendapatkan fasilitas kredit itu. Yang penting, pastikan memahami seluk-beluknya agar mendapatkan keuntungan maksimal.


Share this article :

+ komentar + 2 komentar

12 Desember 2017 pukul 17.10

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

7 September 2019 pukul 01.50

Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lembaga Perlindungan Konsumen CELEBES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger